CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 22 Agustus 2013

Cerita Kenapa Cecar Sih? (Bagian 1)

Alhamdulillah hari ini 22 Agustus dede baby tepat 1 bulan. Hufhh!!! rasanya gimana gitu, senang dan bingung. Loh kok bingung? Ya, karena jarak anak pertama dan kedua 4 tahunan, jadi berasa anak pertama lagi, mengingat harus bagaimana merawat baby. Soalnya kedua anak saya “anak prĂȘt-pret” yang artinya suka PUP sedikit-sedikit. ‘ngulet’ dikit bisa keluar tuh Pup nya. Hehehe jadi jorok ya ngomongin Pup. So far, sampai detik ini baby masih Pup. Saya lupa kapan usia berapa bulan Aqilah berenti Pupnya #BerpikirKeras :p


Aniwey…. Rencananya saya mau share nih bagaimana proses lahiran saya yang ke2, dah basi sih, Cuma pengen aja cerita hehehehe. Biar ada kenang-kenangan mumpung masih inget.

Ya, seperti cerita yang lalu (disini) saya menunggu mules-mulesnya nih. Dah masuk usia 40 minggu. Dokter sih dah nyaranin cecar di 38 minggu karena baby kegedean. Dan katanya saya ga kuat sakitnya. Padahal jujur dari hati yang paling dalam saya pengen banget Normal. Karena mindset saya masih mikir orang-orang pasti bilang “ih, ga mau sakit banget sih, usaha normal dong, manja banget” Jujur, banyak stigma seperti itu yang masuk di kuping saya. 


Saya curhat sedikit boleh ya….. 

Siapa sih yang mau lahiran cecar?? Ya tak menapik sih, ada wanita diluaran sana yang ‘memang sengaja ga mau lahiran normal’. Tapi saya beda!! Please donk jangan berpikiran seperti itu. Disamping biaya mahal (ga ditanggung penuh sama perusahaan) dan masa pemulihan yang lama dan nyeri tentunya.

Awal saya tahu hamil anak kedua, saya bertekad mau lahiran normal. Sampai-sampai saya bilang ke SPOG saya kalau saya mau lahiran normal pasca kelahiran cecar pada anak pertama. Satu hal yang dokter bilang adalah “ Bisa bu, tapi bayi BBnya 2,5 -3 kilo ya, kita lihat nanti di usia 7 bulan”. Mengingat anak pertama Aqilah lahir 2,7kg, saya sih percaya saya bisa lahiran normal. Tapi seperti cerita saya (Disini). Akhirnya saya ga bisa normal. Padahal saya dah menunggu 2 minggu ke hari HPL dari jadwal cecar yang ditentukan dokter, Hanya untuk menunggu MULES-MULES. Kenapa ga nunggu minggu ke 41 sih, kaya usia kehamilan aqilah dulu? Karena anak kedua saya ini di perut sudah kegedean, jadi kalo ditunggu seminggu lagi si baby bisa tambah gede (seminggu naik 200gr) padahal saya dah diet loh!. Dan kata dokter panggul saya sempit untuk lahiran normal (dilihat dari lingkaran kepala si baby) jadi mau ga mau saya terima surat pengantar untuk cecar di tanggal 22 July yang bertepatan dengan Anniversary saya dan suami (alasan lainnya hahahaha sebagai penghibur kenapa ga bisa normal). :D

Ditanggal 21 july 2013, perut saya di bagian bekas cecar agak sakit. Bikin saya sakit kalo jalan . Jadi harus duduk dulu biar ga sakit lagi, baru jalan. Kira-kira 5 menit gitu sakitnya. Saya langsung SMS dokter, dan disarankan untuk cepet-cepet masuk RS sehabis makan siang (jadwal masuk sore). Ya sudah deh, suami anter aqilah ke rumah mertua dan saya siap-siap taruh tas baju di pintu depan dan perlengkapan lainnya kaya tiker, selimut, dll untuk bobo suami pas nungguin saya di RS selama 4 hari biar ga ketinggalan.

Sampai dirumah sakit kita ke UGD buat daftar dan ngasih surat pengantar. Karena hari minggu pendaftaran normalnya libur. Lama sih nunggu dapet kamarnya, karena banyak banget pasien yang datang ke UGD, saya sih duduk anteng di depan meja pendaftaran. Dan si mba penjaganya juga nyantai karena saya hanya daftar masuk untuk operasi cecar. Datang jam 1, jam 2an baru dapet kamar dan dijemput suster dengan kursi roda untuk ke kamar perawatan. Karena saya masih sanggup jalan, ya sudah tas saya yang duduk manis di kursi roda. Sebelum ke kamar, saya ke Lab dulu buat ambil darah di tangan kiri dan di telinga (ditempat anting) ditusuk kaya ambil darah tes gula diabetes gitu. Katanya untuk tahu kebekuan darah saya. Sayangnya mba-mba pengambil sempel darah ga ‘profe’ sehingga bekas jarum suntuk di tangan saya (siku) bengkak karena pengambilan darah. 

Sampai kamar rawat, kemudian saya di tes detak jantung baby dan kontraksi baby. “bu, kalau dedenya kontraksi, nendang, gerak-gerak gitu dipencet ya tombolnya, kira-kira 15 menit ya bu, saya tinggal dulu”. Begitu kata susternya, tapi sebelumnya ketika pemasangan alat-alat dia cerita, “bu, cecar karena panggul sempit ya dan bayi kegedean?” saya hanya mengangguk saja. Setelah suster pergi langsung deh saya dan suami ketawa-ketawa karena kita tidak percaya panggul saya sempit, lah kata suami dan aqilah kalau bokong saya gede banget!!! Hahahhaa Sebenarnya sih menusuk hati tuh ejekan bokong gede hahahaha. Dan saya langsung tanya ke umi, beda po, pinggang ma panggul?? Ya BEDA lah mira!!! Pinggang / bokong mah bagian luar, kalau panggul bagian dalam. Jadi kalau panggul sempit si baby ga bisa turun gitu ke jalan keluarnya. Nah LOH!!!!! Padahal pas bukaan 5 keatas, itu mules-mules hebat baru terasa (kata suster, katanya begitu) jadi pantes aja saya bukaan duaaaaaaaaa mulu pas qila mau lahir, apa karena panggul saya sempit banget ya?? #jadi mikir kenapa dulu ga mules-mules di usia 41 minggu :(

(bersambung)

2 komentar:

  1. Yaaaahhh bersambung, lg asik nonton niiih! *eh :p
    Eniwei selamat ya maak udah lahiran, ternyata malah duluan aku hihi, aku 19 julinya :)
    Normal atau caesar yg penting baby selamat! Titik. Dont care what people say, huh kan kita yg rasain sakit ya!
    Cerita melahirkanku msh draft terus niiih, belum sempet aja lanjutin,msh rempoong hihi maklum anak pertama :D

    BalasHapus
  2. caesar ma normal gak masalah jeng, yang penting kan babynya sehat....

    BalasHapus