CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 13 Desember 2012

Liburan Ala Qila Yang Murmer


Tahun ajaran ini aqila sudah bersekolah di TK samping rumah mbahnya. Saat ini umurnya belum genap 4 tahun. Banyak yang bilang harusnya dia masuk playgroup. Tetapi karena keterbatasan tenaga siapa yang akan mengantar, akhirnya aqila daftar sendiri untuk masuk TK islam samping rumah si mbah.

Jika mengingat kembali awal ajaran baru, saya pulang kerja dikejutkan dengan aqilah yang sudah berseragam TK, dengan polosnya “aqila minta ke bunda gulu mam”. Dan besoknya saya ditodong formulir pendaftaran. Hahahaha. Intinya saya berpesan ke bunda guru (begitu anak-anak TK menyebut bu guru) jika aqila tidak harus dipaksakan untuk bisa seperti teman-teman sekolahnya. Anggap saja aqila masih dalam tahap bermain.

Liburan ini tentu aqila (yang sudah pintar menuntut macam-macam) selalu bertanya. Kapan kita jalan-jalan mam? Kapan kita kepantai mam? Kapan kita berenang mam? Kapan kita maen bebek-bebekan mam? Saya hanya bilang, nanti kalau papa mama libur dan sudah gajian.

Tapi kenyataannya memang tidak bisa kemana-mana liburan sekolah tahun ini, karena saya sedang berbadan dua. Akhirnya saya dan papanya hanya bisa memutar otak bagaimana menghadapi keinginan aqila. 

Rencananya seperti ini :

Keinginan untuk berenang. Karena saya mempunyai kolam plastik yang diameter 1.5 meter. Rencana berenang diganti berenang di kolam pastik. Lengkap dengan jaket pelampung dan bebek-bebek plastik yang menemani aqila berenang sampai jari mengkerut. 

Belajar Mewarnai. Untuk mewarnai saya dan suami browsing gambar yang diinginkan aqila. Seperti Barbie, car, gajah, kupu-kupu, dan lain-lain. Gambar tersebut di print di kertas yang sudah di gunakan depannya. Jadi intinya irit kertas. Hahahaha

Belajar Membaca. Bermodal papan tulis dan spidol, saya dan suami berpura-pura menjadi guru. Menanyakan huruf ABC , angka, dan huruf hijaiyah. Agar tak bosan, aqila berkesempatan menjadi guru, muridnya saya dan suami. 

Bermain puzzle. Puzzle disini puzzle yang murah meriah. Harganya 500 rupiah. atau bisa juga membeli puzzle yang harganya 5.000-10.000. Tidak usah banyak-banyak. Hanya 1 atau 3 saja. awalnya ajak anak untuk menggunakannya di papan puzzle. Jika sudah mahir di papan puzzle yang ada garisnya, ajak anak anda buat puzzle di lantai. Biar ada tantangannya sedikit.

Masak-masakan. Masak-masakan disini, ada dua versi. Masak kue betulan, dan masak kue mainan/lilin. Masak kue betulan, biasanya saya buat kue keju, aqila yang cetak-cetak kue dengan cetakan bintang, love, kotak dsb. Atau biar lebih mudah, masak ager atau jelly kemudian di beri nata de coco dan di cetak di cetakan yang lucu-lucu bentuknya. Kalau untuk masak-masakan mainan, saya hanya spare lilin fun doh Rp. 20.000,- isi 12. Itu dipakai 3 warna untuk sehari. Tinggal cetak, dan jualan deh :)

Jadi Fotografer. Disini saya dan aqila bemodal kamera poket dan HP untuk foto-foto sekeliling rumah atau pergi keluar rumah mencari bunga liar dan binatang seperti kupu-kupu, ayam, kucing untuk di foto. Ya, sekalian jalan-jalan keliling komplek. Ya mengulang kegiatan yang pernah dilakukan disini.
Baru itu yang terlintas dipikiran saya dan suami untuk mengisi liburan tanpa mengeluarkan uang yang banyak. Ya, prihatin dulu ya nak, uangnya buat ditabung untuk persalinan. 

Yuk, bijak dalam mengisi liburan.

Saya pribadi berharap mendapatkan masukan yang baik dari para pembaca yang sama-sama mempunyai anak balita. Enaknya ngapain liburan ya dengan budget yang kecil.

Sharing yuk mak?

NB. Foto menyusul.. karena hardisk saya rusak :( masih proses pemulihan data.. semoga tidak ilang Amin #usap muka

8 komentar:

  1. yg murah aja ya dek Qila, berhemat...siapa tau kapan2 mama bs ngumpulin duit buat ajak Qila ke Disney...Aamiinn :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Yul,

      Amin... hahahhaa ga usah jauh2 mak... kepuncak aja klo gitu sama dirimu ya... sumbangan kita hahhahahaha :p

      Hapus
  2. sesekali bermain air & busa sabun juga menyenangkan kok buat anak2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Myra,

      waaaaaaaaaaaaa iya.. klo busa sabun qila yang pake pistol mainan yg keluar gelembung mak.. jadi nanti lomba meletuskan gelembung ya.....

      makasih sharingnya ya mak... maap baru bales..
      #pelukkkkkk

      Hapus
  3. Koq nggak ada pilihan untuk liburan ke desa yah? Padahal desa saya gratis untuk liburan tuh mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Ibrahim Sukman,

      daerah saya masih desa pak... jadi ya itu jalan2 sambil cari kupu2 jangan lupa bawa foto2.. biar bisa jadi potograper2an...

      salam buat kel ya pakkk
      makasih dah mampir.. maap balesnya telat :)

      Hapus
  4. liburan ke coconut seven yuk qila .. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. mak Hana,

      Ayukkkkkkkkkkkkk.. aku dah punya langganan pop mie loh disana wakakaka pulangnya kita makan ke saung grogol.. makyussssssssssss murah meriah dan enak #ngiler

      kapan pulkam mak???
      #pelukkkkkkkk

      Hapus