CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Rabu, 08 Januari 2014

Jangan malu imunisasi di puskesmas

Ga sengaja beberes kamar menemukan bukti imunisasi BCG fiqa. Sebenarnya saya punya langganan bidan dideket rumah orang tua dulu. Tapi karena pas fiqa dah pindah ke cibeber, jadilah berasa jauh banget mau bawa fiqa yang baru usia 1 bulan. Maklum belum punya mobil. Jadi rada khawatir takut sakit kena angin malam. Kalau pagi, papanya kerja. Kalau weekend, takut ga ketemu bidannya, tapi asistennya. Rasanya ga sreg aja. Hehehehe. Maklum klo ketemu bidan pasti ngobrol sebentar kalau ga ada pasien.

Perkenalan saya dengan bidan imas, begitu namanya, dari pekerjaan dahulu saya sebagai seorang spg produk makanan bayi. Kerjanya dilapangan bukan di mall. Jadi saya suka ikut bidan-bidan puskesmas ke posyandu. Saya bagikan sample mpAsi gratis. Kadang ada yang mencibir S1 kok mau kerja begituan. Hahahahaha kalau saja yang nyibir tahu gaji saya lumayan diatas umr kala itu, mesti mau. Lah, kerja cuma dari jam 8 pagi sampe jam 12 siang. Kemudian sorenya jam 4 saya pergi ke praktek bidan buat survey produk, kadang sampe jam setengah 6 sore. Begitu tiap hari dari senin sampai jum'at, sabtu saya harus laporan ke jakarta. Lah... kenapa ngomongin kerjaan ya... hahahhaha

Back to topic

Ngomongin vaksin imunisasi, ada yang setuju dan ga setuju kalau bayinya diberikan vaksin. Lah, dulu ga ada vaksin, orang tua kita sehat sampai sekarang. Tapi menurut saya ya sah-sah aja, toh, kalau anak sakit, orang tuanya yang repot dan sedih. Saya sendiri memberikan vaksin hanya vaksin anjuran dari pemerintah. Kalau anjuran dokter saya ga berikan. Maklum harga vaksinnya mahal dan ga di cover sama kantor papanya. Bismillah saja, mudah-mudahan anak-anak sehat selalu, Amin.

Bulan lalu saya pergi klinik swasta, untuk ke Dokter anak. ada ibu-ibu yang mau suntik imunisasi BCG. Hanya ditolak sama dokter karena adanya di rumah sakit tiap hari rabu. Saat itu saya dan ibu tersebut berobat ke Dsa yang paginya praktek dirumah sakit swasta dan sore di klinik.  Kemudian anak si ibu diberikan imunisasi ... saya lupa namanya. Ketika saya sarankan untuk BCG ke puskesmas, dia ragu, katanya takut vaksinya ga sebagus di rumah sakit. Maklum si ibu dapet full kesehatan dari perusahaan.

Pemberian vaksin BCG fiqa dilakukan di puskesmas cibeber, tiap hari rabu. Gratissssss. Hanya bayar pendaftaran 3000 dan biaya tulis 1500. #mudah-mudahan bener, lupa soalnya. Sedangkan untuk vaksin DPT saya pergi ke bidan imas. Karena saya mau vaksin DPTnya yang ga panas. Soalnya kalau liat anak panas, saya ga tega. Harganya 150.000 untuk vaksin DPT yang di combo (digabung) dengan vaksin hepetitis. Jadi ga 2 kali suntik. Cuma sekali langsung oke. Hehehehe. Karena bidan imas ga stock vaksin DPT yang ga panas, maka saya harus memesan dulu via phone 2 hari sebelum disuntik. Alhamdulillah fiqa ga panas.

Harga suntik imunisasi biasa di bidan 35.000. Vaksinnya sama dengan puskesmas, kalau di puskesmas gratis  cuma bayar pendaftaran dan pencatatan, di bidan wajar segitu, ya itung-itung biaya suntik dan pemberian obat jika panas. Coba kalau kedokter, belum biaya pendaftaran, biaya dokter anak, jasa suntik/tindakan, obat, dah berapa tuh yang dikeluarkan? Pasti lebih dari 150.000. Info yang didapat, kalau pihak rumah sakit swasta ambil vaksin anjuran pemerintah dari puskesmas tanpa biaya /gratis. Jadi vaksinnya sama saja. Kecuali imunisasi  tambahan yang dianjurkan dokter selain imunisasi wajib dari pemerintah.

Jadi, ga usah malu pergi ke puskesmas, vaksinnya sama saja kok sama rumah sakit. Lebih murah malah, tapi kalau biaya imunisasi di cover perusahaan ya beda namanya. Yang penting buat kebaikan anak ya. Amin. Bismillah saja.

26 komentar:

  1. Suka nemenin ponakan imunisasi di puskesmas..dpt bubur kcg ijo hehe

    BalasHapus
  2. Waaaaa senengnya ya mak hana... disini puskesmasnya ga dikasih apa2 heheheheh

    BalasHapus
  3. Aku bcg gratis diposyandu..klo skrg ke rumah vaksinasi krn dicover kantor xixi
    Iya mak yg kesian yg g vaksin sama sekali (anti vaksin)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ak Suria Riza.. Iya.. diposyandu gratis.. bayar uang krencengan aja seiklasnya buat beli bahan makanan pendamping buat bulan depan :)

      Hapus
  4. nggak malu sama sekali.
    semua anakku imunisasi dan vaksin di bidan dekat rumah.
    kecuali si bungsu yg pertama kali imunisasi di dokter karena sekalian kontrol post natal. biaya dokternya 100rb, imunisasinya 10rb :)))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Latree,

      sama mak... apalagi sekarang puskesmasnya bagus.. #loh
      disini biaya dokter + biaya suntik/ jasa njussss + pendaftaran = banyak :)

      Hapus
  5. wah..jadi inget jadwal Imuniassi yg ketunda2 terus nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo mak fitri... jgan ditunda2 ntar kelewat jadwalnya :)

      Hapus
    2. Kapan yaa biasa nyaa hari polio sama bcg di puskesmas .Soal nya belom pernah masuk puskesmas

      Hapus
  6. anakku semua vaksin di puskesmas. meskipun panas juga, vaksin lanjutannya balik lagi ke sana. saya punya teman, sekali vaksin katanya 300ribuan. haduh, mending buat beli popok :)

    bahkan, kalau anak saya sakit, juga ke puskesmas. kena typus pun, nge-labnya juga di puskesmas. asyik-asyik aja kok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Miss Rochma,
      saya belum pernah nyoba yang DPT panas mak... duhhh ga tega liatnya... alhirnya dapet yang murah 150 sama bidan langganan..... harga sahabat katanya hihihihi
      waaaaa keren puskesmasnya ada labnya.. klo disini, jarang yang kaya begitu.. harus ke RSUD :)


      Hapus
  7. kl saya disini gak tau puskesmasnya dimana *ketauan kuper :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Chi,
      Ga papa kuper, yang penting anak sehat #nyambung ga :D

      Hapus
    2. Kl anak2ku gada yg vaksin DPT ulangan..

      Hapus
  8. masih belum paham perbedaan imunisasi dpt, dpt combo, dengan dpt impor nih..

    BalasHapus
  9. Kl menurut saya jika kita mampu ya ga usah pelit sm anak.Secara logika ya ada harga ada kualitas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuuu,ga mksd sok2an kl imunisasi d rs,tp kl lg ada knp ngga,kan yg terbaik buat anak.

      Hapus
    2. Setujuuu,ga mksd sok2an kl imunisasi d rs,tp kl lg ada knp ngga,kan yg terbaik buat anak.

      Hapus
  10. Ya kalo sama aja mutunya ngapain cari yg mahal.Ibu" ke RS buat vaksin anaknya kayaknya memang belum tahu kalo tdk ada perbedaan dlm hal kualitas. Vaksin diRS mahal karna vaksinnya tdk dicover pemerintah jd harus beli/stok sendiri ditambah biaya penyimpanan dlm kulkas khusus vaksin dan kulkas vaksin di puskesmas nyatanya lebih bagus krn dicover oleh Unicef. Jd tdk ada beda dgn kualitas. Sama saja. Kecuali kalo utk vaksin tambahan yg lain dari imunisasi wajib barulah ke RS/dokter.

    BalasHapus
  11. Eh, Ada yang butuh KULKAS VAKSIN UNTUK penyimpanan vaksin ga?
    Bisa diminta dikirimkan untuk ke seluruh indonesia lho

    KULKAS VAKSIN

    klik aja , liat dulu gapapa

    BalasHapus
  12. asalamualaikum minta nope bidan kesmas cibeber dong,saya pengen lahiran di sana,soalnya bayi harus di vaksin khusus takut pas hari H gx da stok vaksinya.

    BalasHapus
  13. wahhh tulisan yg bagus.. anak pertama saya lulus vaksin lengkap di hermina daan mogot (dr mulai vaksin wajib sampai PCV, influenza dll) iseng2 saya hitung2 selama 2 tahun khusus utk vaksin kurleb 10jtan.. (sekali PCV aja 1,4jt x 3)

    nahhh.. skrg saya ga kerja lagi krn baru punya anak kedua.. lagi galau soal vaksin dede.. krn dede waktu lahiran prematur dan masuk NICU 13hr.. uang mama papanya udh ludes (ikhlas dek).. makanya skrg lagi cari2 kekuatan dan info sebanyak mungkin utk vaksin dede di puskesmas..
    stlh baca tulisan mbak mira saya jd yakin besok mau mintol pak suami utk tanya jadwal vaksin di puskes (tp harus cari tau dulu puskesnya dimana) hahaha

    krn dede hrs vaksin DPT pentabio yg ke 3 tgl 30 agustus kmrn.. udh telat bbrp hari euyyy...

    tp sudah memutuskan juga (dan minta maaf sama dede kl ga di vaksin lengkap kayak kakanya) dede cuma akan ikut vaksin dasar, rotarix (2x) utk anti diare sekitar 500rb an di rs mitra, dan kalo ada uang bakal di vaksin PCV jg tp pilih di rs. harapan kita denger2 lbh murah (800rban) dr pada di rs swasta.

    semoga dede sehat2 sprti kaka yg jarang bgt sakit.. hiks.. maafin mom ya de..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di rumah vaksin aja mba lebih murah.. soal nya free biaya dokter.. klo di rs swasta pake kena charge biaya dokter, administrasi dll.. cr aja di web nya rumah vaksin, di situ ada alamat tiap2 daerah yg punya rmh vaksin..

      Hapus
  14. oia.. tambahan lagi.. selama ini ga vaksin di puskes bukan krna malu sih.. tp krna dulu banget aq pernah berobat di puskes.. eh pegawai nya judes2 bgt.. trus waktu saya mau cek darah.. pas di ambil darah ga dipakein alkohol dulu.. sakitttt bgt... sejak itu blm pernah lagi berobat di puskes, sampai denger2 puskes nya udh di renovasi dan pindah.. entah kemana..

    BalasHapus
  15. Info dong. Sekarang imunisasi BCG sm Polio di puskesmas bayar berapa ya??

    BalasHapus