CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 08 Februari 2013

Review Buku : The Book With No name


Semua berawal dari sebuah batu yang bernama Mata Rembulan. Ada kisah mistis tentang batu itu, dengan memiliki batu tersebut, seseorang bisa menghentikan waktu gerhana matahari selama 5 tahun.  Sehingga sebuah kota menjadi gelap gulita.
Dok. Pribadi
Di Pulau Hubal terdapat kuil Herere yang berisi para biarawan yang menjaga Batu Mata Rembulan. Ketika mengetahui batu tersebut hilang di curi, Pendeta / Bapa Taos memerintahkan biarawan Peto dan Kyle untuk mencari batu tersebut sebelum gerhana matahari terjadi. Ya, gerhana itu terjadi 3 hari lagi. Satu-satunya tempat dimana mata rembulan itu ditunggu-tunggu adalah Kota Santa Mondega.

Kota Santa Mondega. Kota yang sudah dianggap hilang dari peta Negara AS dan lebih dikenal sebagai kota para pendosa. Di kota ini kejahatan banyak sekali terjadi. Pembunuhan bukan dianggap sesuatu yang WOW, tetapi sesuatu yang biasa terjadi.

(5 tahun lalu)
Tempat yang terkenal di Santa Mondega adalah Bar Tapioca. Pemiliknya Sanchez adalah orang yang benci dengan hadirnya orang asing. Ya, dia punya kebiasaan buruk memberikan minuman air kencing. Lima tahun yang lalu Sanchez juga memberikan air kencing kepada Bocah Bourbon. Dia terkenal sebagai Bocah Bourbon, karena setelah meminum minuman keras type bourbon, sang bocah lalu kalap membunuh semua orang disekitarnya di bar Tapioca. Kecuali Sanchez karena dia berlindung di bawah meja bar.

Diluar bar Tapioca, Bocah tersebut juga membunuh banyak orang sepanjang jalan yang ia lewati. Sehingga situasi saat itu benar-benar sebagai bencana besar di saat Gerhana Matahari. Saat itu Sanchez melihat seorang wanita yang kena tembakan 30 butir, tetapi masih selamat. Jessica namanya. Karena rumah sakit penuh dengan orang yang di bantai si Bocah, maka Sanchez membawa Jessica kerumah adik iparnya yang mantan perawat. Sanchez berharap Jessica dapat tertolong. Tetapi Jessica koma selama 5 tahun, kemudian Jessica sadar, dan mengalami amnesia. Sanchez sendiri percaya bahwa Jessica memiliki ‘sesuatu’ yang bisa menolong kota Santa Mondega dari kebiadapan Bocah Bourbon.

(5 tahun kemudian)

Hanya Sanchez yang tahu bagaimana wajah dari Bocah Bourbon. Semenjak kejadian 5 tahun lalu semua pembunuhan yang terjadi di kota Santa Mondega selalu dikait-kaitkan dengan Bocah Bourbon. Salah satunya yang sangat terobsesi untuk menangkap Bocah Bourbon adalah detektif Archibald Somers. Dia mempercayai bahwa dalang dari semua pembunuhan sadis adalah Bocah Bourbon.
.
Somers mendapat bantuan dari pemerintah AS seorang detektif spiritual Miles Jensen. Mungkin pemerintah pusat AS percaya bahwa ada sesuatu hal mistis yang terjadi di Santa Mondega sehingga banyak sekali terjadi pembunuhan. Dan tugas Jensen adalah menyelidikinya, ia juga mempunyai perintah rahasia dari pemerintah pusat. Dan Jensen tahu, rahasia tersebut tidak boleh bocor ke pihak polisi setempat.

Dalam penyelidikannya Jensen menemukan sesuatu yang ganjil, nama korban pembunuhan yang ‘kata’ detektif Somers dilakukan oleh Bocah Bourbon, semua korban yang dibunuh pernah meminjam buku di perpustakaan kota berjudul Buku Tanpa Judul (Book with no name), pengarang ‘seseorang tanpa nama / Anonymous. Semua korban dibunuh dengan sangat sadis dan sama percis. Mata dicungkil dan lidah ditarik keluar, serta organ dalam tubuh amburadul kemana-mana. Sungguh mengerikan.

Dalam pencarian Batu Mata Rembulan, Peto dan Kyle menemui banyak kendala. Dari uangnya di rampok, harus membunuh orang, berkelahi, padahal mereka seorang biarawan yang pantang melakukan hal-hal buruk. Banyak orang yang mereka temui untuk menemukan Batu Mata Rembulan tersebut. Menurut info yang mereka dapat,  batu rembulan tersebut di curi oleh Jefe, si pemburu hadiah.


Batu tersebut sangat berharga bagi Jefe, karena pesanan Bos penjahat di Santa Mondega, El Santino. Tapi karena kecerobohan Jefe, batu itu dicuri dan berpindah tangan ke pasangan Dante dan Kacy. Nah, dari sini cerita seru dimulai. Batu tersebut banyak berpindah tangan, satu yang pasti, semua orang yang berhubungan dengan batu tersebut akan meninggal dengan cara yang sangat mengerikan.

Lalu, apakah peto berhasil mendapatkan mata rembulan sebelum gernaha matahari tiba?? Siapakah bocah bourbon?

Jadi penasaran kan?? Ceritanya bagus dan menarik.


Hanya saja alur cerita yang bolak balik membuat kita harus ekstra ingatannya. Ditambah nama yang agak ‘aneh’. pembunuhan semuanya diceritakan dengan detil, sehingga kita yang membayangkannya akan merasa ngeri. Tetapi, di ujung cerita ada hal yang tak terduga, kaget, oh, ternyata tebakan kita salah selama ini dan 'sesuatu' yang membuat kita kesal di bab terakhir. Apakah itu??

Hihihihi pokoknya baca aja #sok rahasia

Untuk rating buku ini BINTANG 3,5  dari  5 bintang #hahhahaha suka2 aku kan??

Note : Buku ini punya ibu Tiurida Lily Anita
Dan buku ini termasuk dalam Book Traveling Campaign


6 komentar:

  1. kenapa kok enggak bikin resensi di koran atau surat kabar aja? menarik loh bahasa yang di gunakan, siapa tau bisa masuk kan lumayan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Putra,

      belum berani hihihihi.. ini masih belajar... makasih ya masukkannya... :)
      kapan2 dicoba :D

      Hapus
  2. Test komen.. karena mak eka ga bisa komen :)

    BalasHapus
  3. Haaaa baru keluar nih kolom komennya...
    tadi gak adaaaa
    *apa koneksiku ya?*

    Btw mbak, kalau alur flashback gitu biasanya suka aku tulis di note tanggal2 penting dan ada di halaman berapa. Nanti kalau pas baca dan kisahnya flashback lagi dan aku gak ngerti maka aku buka lagi halaman sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Eka,

      cerita flashbacknya itu seperti menceritakan kisah dari pandangan masing2 pemeran .. jadi rada pusing...
      mungkin karena buku pinjaman.. dan saya bacanya pas di kerjaan... makan waktu kurang dari seminggu.. jadi takut ditunggu orang sesudah saya....

      so far... makasih idenya.. buku selanjutnya yang mau saya review (ikut banyak buku di BTC) akan saya coba buat di note kecil klo ketemu buku yang kaya gini lagi :)

      ikutan yuk mak :)

      Hapus
    2. Mauuu.
      Aku aktif di Goodreads mak. Temenan yuks ;)

      Hapus