CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 23 Agustus 2013

Kenapa Cecar Sih? (Bagian 2)

Cerita bagian pertama  disini

Tepat tanggal 22 July 2013 saya puasa dari jam 6 pagi untuk operasi di jam 2 siang. Deg-degan?? Pasti!! Karena masuk ruang operasi itu rasanya gimana gitu. Jam 7 pagi saya mengajak suami untuk jalan-jalan ke taman, ya menghirup udara pagi. Tiba-tiba suster memanggil saya untuk bertemu dengan dokter anastesi. Penampilan sang dokter cewe yang WOW banget. Tomboy!! Pake celana jeans, kemeja putih lengan pendek, rambut pendek kaya cowo, ya kata orang dulu ‘demi moor’. Kemudian saya diperiksa punggungnya buat dicoret pake spidol bagian mana yang untuk suntik bius. Ditato istilah kerennya, kemudian di beri krim, kemudian di tutup dengan perban. Agar ketika disuntik, rasa sakitnya berkurang. Begitu kata sang dokter.

Tak berapa lama kemudian, suster kepala visit, dia tanya bagaimana perasaan saya. Ya, saya jawab saja.. Deg-degan!!. Satu jam kemudian, ada bapak-bapak datang, ternyata beliau seorang ustad. Dia memberikan semangat dan doa agar operasi berjalan dengan lancar. Memberikan bacaan-bacaan apa saja yang harus saya ucapkan agar rasa tegang dan rasa deg-degan hilang. Ya, biar saya tenang. Rasanya nyaman banget. Dulu pas mau cecar aqilah ga ada tuh motivasi dari ustad, mungkin ini pelayanan baru dari rumah sakit.


Jam 12an banyak kerabat datang untuk memberikan semangat. Ya, seneng banget ternyata ada yang nunggu untuk melihat si dede. Mereka mendoakan agar operasi berjalan dengan lancar. Tepat jam 13.30 suster datang dengan membawa kursi roda. Ditemani suami, saya menuju ruang operasi. Diruang tunggu operasi, dipasang alat ini-itu. Sepi tidak ada yang operasi selain saya. Tidak seperti waktu mau cecar aqilah, banyak yang menunggu dioperasi. Jam 2 saya masuk ruang operasi, banyak orang disana. Bu bidan memberikan dukungan moril. Yang buat saya salut sama para medis, mereka pintar mengalihkan pikiran saya tentang sakitnya disuntik punggung belakang. Mereka mengajak ngobrol. Memberitahukan posisi yang baik saat disuntik bius, tahu-tahu selesai deh, ga kerasa sama sekali. Mungkin krim yang diberikan tadi pagi berfungsi dengan baik. 

Tiba sang dokter kandungan datang lengkap dengan pakaian operasi. Saya berasa ada di pejagalan kerbau. Mereka pake celemek dan sepatu boot. Hihihi lucu sih pakaiannya. Sepertinya Prosedur memang seperti itu. Diawali dengan berdoa, kemudia jadi deh di bedah, si dede tetap menendang-nendang. Sampai-sampai bu bidan bilang, Sabar ya dek, jangan gerak-gerak, ntar lagi keluar

Tiba-tiba dokter bertanya “Bu, ini berapa ya estimasi berat bayi? 

Lalu saya jawab "38minggu 3,4kg Dok, sekarang 40minggu. "

Dokter bertanya lagi " pantes, dulu kecil ya anak pertama?"

"Iya dok 2,7 kg, kurang besar ya dok sayatannya??"

"Ga papa, nanti didorong aja dari depan."

Perut saya pun didorong dari arah dada ke bawah, saya rasa lubang keluar diperbesar. Dan Alhamdulillah dede lahir, tangisannya kenceng banget. Setelah saya diperlihatkan wajah dede dan miss V nya yang menunjukkan dia perempuan. Lalu saya pun tertidur karena dalam penjahitan, saya diberi obat tidur. Bangun-bangun 2jam kemudian, muka saya gatel banget. Sampai-sampai diruang pemulihan suami datang, saya suruh garukin muka. Tau disuruh garukin muka, aku tunggu dikamar aja mam? kata beliau Hahhahah bête dia, karena saya menyuruhnya terus menerus. Bener deh, gatel banget mukanya. Tapi kata suami ga bentol-bentol hanya rasa gatal yang ada.

Ternyata setelah keesokan hari saya tanya dengan dokter anastesi pas visit, dia bilang itu efek dari morfin. Hah??? Dikasih morfin? Dokter pun menjelaskan, itu berguna agar rasa jahitan operasi tidak begitu sakit. Dan memang benar ga sakit, hanya nyeri kecil. Dan katanya juga efek gatal itu pasti, karena menandakan morfin bekerja dengan baik. Tapi hanya 24 jam daripada saya sakit katanya. Tiap orang berbeda-beda efeknya. Saya gatal-gatal, itu tandanya saya alergi sama morfin. Jadi ga cocok jadi pencandu narkoba kata suami. Hahahhaha ada-ada saja. 24 jam kemudian saya bisa jalan-jalan layaknya mau ke Mall, tapi pake korset ya!! kalo ga bisa-bisa ‘nglemberan daging sisa hamil’ bikin sakit jahitan karena ditekan.

Alhamdulillah masuk minggu sore, kamis siang saya boleh pulang. Tinggal bagaimana mengurus si kecil dengan baik. Bersemangat!!

Sepertinya dari apa yang saya alami, kesimpulannya begini kenapa saya cecar kembali (red: menurut saya loh ya!!)

  • Panggul saya kecil sementara dede besar, kalo ada yang bilang "sodara saya lahir 4 kiloan normal tuh", Ya, mungkin sodara anda panggulnya besar dan belum ada riwayat operasi cecar sebelumnya. Tante saya saja anaknya lahir 4 kilo lebih (2anak), dan normal semua lahirannya.Tergantung Allah menciptakan kita bagaimana :)
  • Kok ga diet sih? biar baby kecil? kalau kata orang saya itu kurus banget pas hamil. dan memang benar saya ga napsu makan. Masa kehamilan saja saya naik 9 kilo. bayi 3,8Kg, dan terakhir kemaren saya nimbang masih sisa 2 kilo. Kadang ada yang bilang saya kaya orang busung lapar. Hahahhaha gimana kalo diet. Bener deh saya makannya dikit, cuma obat vitamin jalan terus. Susu hamil juga jarang. Tapi mungkin jalannya memang begitu kali ya. Dan saya juga sudah test gula darah, ternyata hasilnya negatif.
  • Ga mau coba 'keukeh normal"? Dokter sebenarnya sudah menyarankan cecar di minggu ke 38 sekitar tanggal 8 july, tapi saya bikin alesan saja saya rada flu (hihihihi) dan memang bener saya flu. karena kurang tidur, stress mikirin mau cecar. Jadi saya beralasan nanti saja ditunggu sampai HPL tanggal 22 july. Dan kalau memang jalannya harus cecar ya anggap saja baby sebagai kado ultah pernikahan yang ke 5. Dokter pernah nyaranin, semakin cepat lahir semakin bagus, karena baby berkembang kira-kira 200gr seminggu. Jadi semakin lama nunggu mules semakin besar babynya. Dan benar saja, minggu ke 38= 3,4 Kg minggu ke 40= 3,8kg
Jadi intinya, berbahagialah wahai wanita yang belum pernah cecar, karena anda berhak punya anak berapa saja :D yang anda mau. Nah kalau saya, cewe dua-duanya, cecar dua-duanya, dan kalau mau punya anak cowo harus banyak syaratnya. Yaitu Program hamil cowo (namanya juga usaha, tergantung Allah ngasihnya), ga boleh gemuk, harus jaga berat badan ideal. Karena itu mempengaruhi bekas jahitannya. Maximal cecar 3 kali saja.

2 Bidadariku



7 komentar:

  1. Selamat atas kelahiran si kecil bun.. Semoga jd anak shalihah.. Dlu aku jg cecar krn Aqiila ku (sama ya nama anak Kita hehe) nyungsang. Udh 1thn ni program lg tp blm berhasil, hiks... Moga2 nti kl melahirkan g perlu cecar lg :-)

    BalasHapus
  2. selamat ya mak udah lahir..
    tapi baca ceritanya kq mules-mules gini perutku,, heheh.. maklum masi single :D

    BalasHapus
  3. bidadarinya cantik-cantik sekali
    selamat ya mbak

    BalasHapus
  4. aku dulu juga caesar mak. berharapnya si ga caesar lagi. mbayangin nyeri pasca operasinya itu lho.. sampai 3 bulan masih kerasa aja sakitnya

    BalasHapus
  5. ga papa mba kalo anak kedua juga ceacar,, udah jalannya begitu kan ya :)) pngalaman sya ceacar itu kebanyakan dianggap remeh sama ibu-ibu yg lahiran normal.. pdhl kan mreka gak tau seberapa pengennya kita normal.. suka gak suka kalo ada yang tanya,, lahirannya normalkan? kalo dijawab ceacar.. lanjutan pertanyaannya pasti,, KENAPA?? ishhh --"
    btw salam kenal *main nyerocos aja* :D

    BalasHapus
  6. sy juga dua2nya caesar :)

    efek anestesi emang berbeda2, ya. Kl sy menggigil hebat. Sp gigi sy aja saling gemeletuk saking menggigilnya.

    Trus sy cerita ke temen yg mau caesar. Gak taunya efeknya malah kebalikannya. Dia merasa sangat kepanasan badannya :D

    BalasHapus