CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Jumat, 01 November 2013

Belajar Mengenal Uang

 
Niatnya awalnya mengenalkan aqila tentang uang. Mana itu yang 10rb, mana yang 5rb, 2rb dan yang lain-lain. Cuma belum ketemu saja item yang mendukung rencana ini.

Pas mampir ke warung ada yang jual uang-uangan yang bergambar tokoh kartun kesukaan qila. Ya sudah klop deh peralatan yang dibutuhkan.

Kalau biasa kita main jualan bakso atau makanan yang lain, sekarang aqila mau buka warung aja seperti warung bu Hj. Topik katanya. Intinya mau jualan kelontongan yang ga pake masak-masakan.

Barang yang dijual berbagai macam, dari saus, kecap dll. Tapi bukan saus kecap aslinya, melaikan perlengkapan make-up emaknya dan peralatan fiqa seperti minyak telon, bedak dll. 

Pokoknya kita harus nurut apa maunya qila sang juragan warung. Kalau mau beli kecap dikasih pembersih muka ya harus nurut, kalau mau saos dikasih minyak telon ya harus nurut.

Pertama, qila bagi rata uang-uangannya. Bagi rata jumlahnya ya, bukan typenya. Kadang saya dapat uang 100rbn  banyak banget, kadang yang 50rbn yang banyak. Suka-suka qila. Cara baginya standart.

Satu untuk mama..... satu untuk qila.... Satu untuk mama..... satu untuk qila.... Satu untuk mama..... satu untuk qila.... begitu seterusnya sampai uang habis terbagi.

Setiap beli, saya selalu memberi tahu qila mana uang yang mau dipakai. Misalnya. "Qila, yang 50ribu itu angkanya 5 tapi jumlah 0 nya ada 4".

Tahap awal, harga jualannya semua tidak boleh susah susah. Jadi harus sesuai dengan uangnya. Biar ga ada kembalian. Lama-lama belajar pake uang kembalian, hanya saja, qila selalu salah. Dia suka binggung karena kebanyakan angka nol yang harus dia hapal. 
Coba uang kita ada titik pemisah ya antara angka nol ribuan. Contohnya 50000 ---》 50.000 pasti mengingat jadi mudah. Hahahaha nganyal boleh kan...

Tapi ya sudahlah, yang penting dicoba dulu, trus dilakukan sering-sering biar cepet apal mana yang 50rb, 10rb, 5rb dll. 

Yukkk main lagi... tapi jangan lupa diberesin ya.... nanti uang-uangannya ilang kebuang atau tersapu.Yang terpenting, "Jangan lupa beresin perlengkapan make-up mama dan perlengkapan fiqa ya kak!" Biar mama ga pusing carinya

Mudah-mudahan qila cepet apal ya!!!! Amin!!

3 komentar:

  1. Qila umur berapa tuh maks? Seru ya, kalau cowok tar diajak jualan apa ya? hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Fenny...

      Usianya 4 tahun mak.. TK A...
      kayanya klo cowo jualan mobil2an hahahahahha
      makasih dah berkunjung ya mak fenny

      Hapus
  2. pengalaman sy anak2 lebih cpt belajar uang drpd mateatika. Semoga qila juga begitu :D

    BalasHapus