CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Rabu, 26 Juni 2013

Manfaat Musik Buat Saya Dan Anak Saya

Musik

Ya, hidup tanpa musik seperti makan sayur tanpa garam. Hambar rasanya. Saya tipe orang yang suka mendengarkan musik daripada melihat video klip musik tersebut. Bagi saya, musik yang asik adalah musik  yang enak didengar dan gampang dimengerti. Dalam arti kata "sesuai dengan kehidupan sebenarnya, bukan kisah kehidupan negeri dongeng". Jadi secara tidak langsung kita bisa menggunakan logika kita untuk mencerna arti lagu tersebut. Dan pastinya lebih gampang di hapal walaupun baru kita dengar 1-3 kali.

Ya, contohnya saja sekarang banyak sekali lagu-lagu asik yang dinyanyikan oleh Coboy Junior, Ayu Ting-ting, Kotak, Cakra Khan, Gamma, bahkan lagu Cherrybelle. Memang penyanyi yang saya sebutkan tadi genre musiknya berbeda-beda. Ada yang nge-pop, nge-rock dan agak melayu-melayu. Tapi itu bukan masalah bagi saya yang penting lagunya bisa mengekspresikan apa yang saya rasakan. Dan enak didengar tentunya.


Kadang, musik yang asik buat joget belum tentu liriknya asik didengarkan. Ada nih salah satu girl band yang sedang populer liriknya bikin saya pusing karena berasa tidak beraturan, tidak nyaman ditelinga dan terkesan memaksakan. Katanya sih hanya terjemahan lagu dari sang 'suhu'. Tapi ya itu, semua tergantung selera. Belum tentu kata saya "aneh" tapi kata penggemarnya "keren" banget. Ya, itu semua kembali lagi keselera masing-masing. Yang penting musiknya bisa membuat hati senang. Titik.

***

Ngomong-ngomong soal musik. Jaman sekarang musik anak sangat susah dicari yang sesuai dengan umurnya. Contohnya saja untuk anak saya Aqilah yang berusia 4 tahun, dia suka sekali dengan lagu Coboy Junior. Awalnya saya shock kenapa anak saya seperti itu. Tapi mau gimana lagi, yang terjadi sudahlah terjadi. 

Jadilah anak saya sebagai fans dari Coboy Junior. Diambil positifnya saja ternyata anak saya sudah pandai menghapal dan mengarang indah lirik si Coboy Junior yang dia lupa. 

Kau bidadari jatuh dari surga di hadapanku.... eeeeaaaa

menjadi

Ibu bidadari jatuh dari surga di hadapanku.... eeeeaaaa

Dalam musik juga anak saya belajar mendapatkan kosakata-kosakata baru. Contohnya saja pacar. Dulu pacar di benak Aqilah adalah pacar kuku dari Mekah. Tapi pas tahu pacar itu dari Coboy Junior, artinya jadi temenan. Pernah saya tanya sama Aqilah, "kak pacar itu apa sih?" dijawab dengan lugu " Pacar Aqilah itu Iqbaal mam, temenan gitu. cuma namanya pacar" . Hahahha saya jadi tertawa sendiri. Biarlah dia artikan apa itu pacar sesuai dengan umurnya. Lain waktu saya berikan arti sesungguhnya jika waktunya sudah tepat.

Dan gara-gara Coboy Junior, Aqilah jadi bisa bangun pagi. Saya setelkan saja musik / lagu "Terhebat" dari Coboy Junior, dia langsung bangun dan mengikuti lirik musiknya sambil mata merem melek. Dan tidak sungkan-sungkan untuk langsung berjoget. Itung-itung olahraga pagi.

Tak perlu tunggu hebat
(Untuk berani memulai apa yang kau impikan)
Hanya perlu memulai
(Untuk menjadi hebat raih yang kau impikan)
Seperti singa yang menerjang semua rintangan tanpa rasa takut
yakini bahwa (kamu hebat seperti singa)

Dan pas kata-kata seperti singa, Aqilah benar-benar loncat menerkam seperti singa. Hihihihi lucu.

Untuk saya sendiri, karena keseringan mendengarkan lagu Coboy Junior, saya jadi suka juga. Awalnya saya pura-pura lupa lirik dari salah satu lagu Coboy Junior, hanya ingin menguji Aqilah, dan tebak? Ternyata Aqilah yang membenarkan lirik tersebut. Ih, memang ya kalau musik yang asik itu liriknya gampang diingat bahkan untuk anak sekecil Aqilah. Jadi Manfaatnya bagus juga, melatih ingatan sang anak dan tentunya menambah keakraban saya dan anak saya. Jadi kompak deh kita.

Jadilah tiga minggu terakhir musik dari Coboy Junior tidak pernah absen untuk menghibur saya sekeluarga. Bahkan suami suka iseng memutar video dari Coboy Junior "Terhebat" hanya untuk melihat aksi Aqilah yang seperti Singa. Hiburan cape pulang kerja kata suami. 

Ya, itulah kisah musik dikeluarga kecilku. Punya kisah yang sama juga? 

Yuk ikutan Lomba menulis Blog "Musik yang Asik" yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) bekerja sama dengan LangitMusik.


3 komentar:

  1. anak saya sukanya ikut2an selera ibunya nih, dia sama sekali enggak ngelirik CJ :)

    BalasHapus
  2. Goodluck Ganya Bu..

    Aqilah suka Cowboy Junior ya...

    BalasHapus
  3. Keke dan Nai juga pernah suka sm CJr. Tp skrg udah enggak. Katanya udah gak zaman. hahahha gaya anak skrg, ya :D

    BalasHapus