CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 04 April 2013

Belajar Mengaji Yuk !


Dulu, ketika saya masih bekerja, qila saya titipkan dari jam sekolah pagi sampai sekolah sore. Di TKnya, ada free TPA untuk belajar IQRO. Jadi jika si anak sudah bersekolah pagi di TK tersebut, maka dia bisa belajar IQRO secara gratis. Ya, memang tidak semua orangtua mengajak anaknya untuk belajar IQRO karena kesibukan disore hari, jadi untuk mengantar kembali kesekolah layaknya sekolah pagi sangat berat.

Karena rumah mbahnya qila (tempat qila dititipkan) bersebelahan dengan TKnya, maka aqila ikut TPA. Dan sepertinya qila merasa di TK dan TPA dia dapet bermain bersama teman. Ya, karena setelah pulang sekolah, dia hanya punya 1-2 orang teman. #kasian. Alhamdulillah tanpa di paksa ada saja alasan untuk belajar mengaji.


Tapi sekarang semenjak saya berenti kerja, saya kesepian dirumah jika qila tidak saya jemput sepulang sekolah pagi. Akhirnya saya memutuskan untuk menjemput qila setiap siang. Saya ijinkan qila bermain dahulu dengan teman di lingkungan rumah mbahnya sebelum saya jemput. Karena kalau main dirumah si mbahnya ada yang mengawasi ikut bermain yaitu ibu penjaga rumah mbahnya. Sedangkan kalau dirumah, qila main diluar bersama temannya yang "aneh" (saya ceritakan disini), saya juga tidak fokus mengawasinya karena sambil beberes rumah.

Akhirnya setiap magrib saya mengajak qila untuk mengaji IQRO di tempat bu Hj. Topik. Disana banyak anak-anak yang mengaji IQRO. Saya sih berharap qila selain mengaji, mendapatkan teman bermain selain tetangga depan, karena saya yakin anak kecil bergaul pasti ada terkontaminasinya sedikit-sedikit. Entah itu perbuatan positif atau negatif. Bukankah begitu?

  
Hari pertama ngaji IQRO di bu Hj. Topikama









Tapi memang diusia yang belum genap 4 tahun, anak-anak bisa menyerap ilmu dengan baik. Ya, mungkin wajar jika salah-salah dikit. Jadi ingat jika qila suka lupa apa yang dia pelajari, saya dimarahin orangtua karena tidak mengulanginya dirumah. Pertama, mungkin saya kasian jika dia suruh mengulang kembali apa yang sudah qila pelajari di TPA. Kedua, kasian jika waktu main dia berkurang. Ketiga karena aqila belum saatnya TK tahun ini, jadi saya tidak pernah memaksakan dia untuk belajar. 

Yang buat saya kaget dia sudah IQRO 2 di TPA sekolah TKnya. Huaaaaaaaaaaa mama syok nak!!! tapi begitu aqila mencoba membaca halaman pertama buku IQRO 2 rupanya dia sudah bisa mengaji 2 huruf dijadikan satu. Tapi karena belum semua huruf hijaiyah qila hapal. Jadi qila mengulang ke IQRO 1 di tempat Hj. Topik. Semoga kali ini qila ga lupa lagi ya semua huruf hijaiyahnya.. Amin.

Yuk, ajari anak kita mengaji sedari kecil. Ya, pelan-pelan, sedikit-sedikit. Awalnya saya kenalkan qila dengan lagu A Ba Ta , kemudian dia hapal. Lalu mulai perkenalkan huruf-hurufnya. Lucunya jika dia lupa huruf hijaiyahnya, qila langsung nyanyi sambil mengurutkan huruf hijaiyah, dari A -Ba - sampai kehuruf yang ia lupa. Jadi inget lagi deh huruf apa itu. Lucu!! Senjatanya klo ditanya apa ini qila?? lupa,??  ya nyanyi deh....

Ayoo mengaji :)


6 komentar:

  1. betul itu.. belajar sambil bermain .. saya juga suka buka in you tube yg diva mengaji itu loh mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Hana,

      Hihihi iya... diva sama puss ya mak.. qila juga dah download dari youtube.. sekarang youtube berguna bgt yaaaaa... lagu A Ba Ta Tsa nya juga dari youtube :)

      Makasih dah mampir ya mak

      Hapus
  2. Waahh.. Qila pinter.. semoga menjadi anak sholehah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Niken,

      Amin... YRA

      iya mba.. mumpung dari kecil jadi ingatannya masih fresh :)

      makasih dah mampir ya mba :)

      Hapus
  3. Qila.... lanjutkan hafalan juz amma ya nak... mumpung masih kecil. Good job Qila... mmmuaaahh.. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Ellys,

      Iya.. insyaallah mba.. doakan saya bisa ngajarin qila :)
      hihihihihi

      makasih ya mba....
      #pelukk

      Hapus